You Are Reading

21

Cara Mengirim Naskah ke Penerbit

Azmi Azhari Selasa, 03 April 2012

Ingin menerbitkan buku ke penerbit? bagaimanakah caranya? naskah sudah ada ditangan dan tinggal dikirimkan. Ada postingan bagus nih sobat dari tulisannya asscenciorhictha. Saya sengaja salin dari blog tersebut untuk anda semua. Sumber tulisan disini.

Untuk penulis pemula, biasanya setelah menyelesaikan naskah novelnya, mereka suka kebingungan bagaimana cara mengirim naskah novel tersebut ke penerbit dan juga ke mana.

Berikut ini adalah uraian singkat agar naskah novel bisa sampai ke tangan penerbit dengan aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

  1. Bila anda sama sekali baru dan hendak mengirimkan naskah novel ke penerbit, siapkan print out NOVEL yang disertai dengan SINOPSIS PENDEK, kalau bisa dilengkapi DAFTAR KELEBIHAN NASKAH NOVEL ANDA DIBANDINGKAN NOVEL YANG BEREDAR DI PASARAN, SEGMEN PASAR YANG DITUJU; ANAK-ANAK, REMAJA atau DEWASA, dan jangan lupa BIODATA singkat dilengkapi alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Ini akan mempermudah pihak penerbit membaca naskah anda, karena mereka tidak perlu ngeprint. Saya menyarankan untuk tidak mengirim soft copy via internet karena selain membuat penerbit lebih ribet kalau mau membacanya, juga untuk menghindari penyalahgunaan naskah anda. Soft copy atau file baru anda serahkan kalau naskah anda dinyatakan akan diterbitkan.

  1. Bila anda mengirimkannya lewat pos atau ekspedisi pengiriman, pastikan anda mengisi semua daftar kolom isian untuk pengirim dan penerima. Hal ini untuk melacak bila terjadi sesuatu dengan naskah anda. Misalnya, naskah anda tidak sampai ke tujuan.

  1. Bila anda hendak menyerahkannya langsung pada penerbit, mintalah tanda bukti penyerahan naskah dan tanyakan kepada siapa anda mengurus follow up naskah anda tersebut dan berapa lama anda akan dapat kabar. Biasanya lebih kurang 3-6 bulan. Makin besar penerbit yang anda tuju, makin lama pula waktu untuk menerima kabar diterima atau ditolak.

  1. Bagi yang sudah terbiasa menulis atau bekerja sama dengan penerbit tentu tidak masalah untuk mengirimkan via email karena cepat dan mudah, dan lebih praktis. Kemungkinan untuk disalahgunakan juga kecil karena sudah saling kenal.

  1. Kalau anda sudah mengirimkan naskah, selama tiga bulan tidak ada kabar, tanyakan tentang naskah tersebut. Ada penerbit yang kadang-kadang sudah tahu jawaban penolakan, tapi karena banyaknya pengiriman surat penolakan itu biasanya dibarengkan dengan penolakan naskah-naskah lainnya. Jadi, kalau sudah tiga bulan anda menanyakan dan dapat kabar penolakan, anda bisa menawarkan naskah tersebut ke penerbit lain.

  1. Apakah etis menyerahkan/mengirimkan satu naskah ke beberapa penerbit yang berbeda-beda dalam satu waktu? Jawabannya, bisa beragam. Namun menurut saya pribadi, tidak etis. Lebih baik mengirimkan naskah ke satu penerbit lebih dulu baru ketika ditolak, anda bisa tawarkan ke penerbit lain. Lebih ribet juga kalau misalnya anda menyerahkan kedua penerbit sekaligus, beruntung kalau keduanya menolak, anda bisa menawarkan ke penerbit yang lain; bagaimana kalau keduanya berniat menerbitkan? Bagaimana anda akan bicara kepada keduanya? Tidak mudah kan?

Dan kalau salah satu penerbit itu tahu alasan anda menariknya, kemungkinan penerbit akan memblack list nama anda karena mereka sudah susah payah capek hilang waktu untuk membaca, mutusin terbit tapi anda kemudian menolaknya karena anda lebih memilih penerbit lain. Jadi, lebih baik ke satu penerbit dulu bila dalam waktu tiga bulan tidak ada jawaban, tanyakan apa anda bisa menariknya kembali untuk ditawarkan ke penerbit lain. Itu lebih mudah diterima.

  1. Apakah benar ada penyalahgunaan naskah yang dikirim dikatakan tidak diterbitkan lalu diolah, diubah sana sini lalu diterbitkan dengan nama lain? Selama ini, kasus seperti itu jarang terjadi. Karena menulis itu sulit, mengubah segala sesuatu juga sulit. Waspada dan hati-hati memang perlu, tapi tidak perlu takut. Biasanya naskah yang ditolak dikembalikan bila disertai perangko yang cukup, tapi bila tidak dalam waktu setahu akan dihancurkan.

  1. Ke mana dikirimkan? Ada banyak penerbit di Indonesia, anda bisa mencari sendiri alamat-alamat penerbit dan melihat jenis buku terbitannya di toko-toko buku, untuk melihat apakah jenis tulisan anda cocok untuk anda kirimkan ke penerbit tersebut.

Berikut ini adalah alamat beberapa penerbit, anda bisa browsing ke sana untuk melihat alamat dan contac personnya;

GRASINDO   www.grasindo.co.id

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA  www.gramedia.com

GAGAS MEDIA  www.gagasmedia.net

MIZAN GRUP  www.mizan.comwww.penerbitcinta.multiply.com

LINGKAR PENA  www.lingkarpena.multiply.com

21 komentar:

Bagustya Fazari mengatakan...

wah mkasih infonya sob, bagus nih artikel buat kdepannya, soalny saya mau coba2 jd penulis jg hehe..
skalian mampir sob ke blog saya, baru sih, msh nubie, hehe..
http://secondheadbgz.blogspot.com/#

Edotz Herjunot mengatakan...

thanks infonya sob .. berharga sekali :)

Anonim mengatakan...

Artikelnya menarik, kebetulan mau bikin buku juga tentang TOko Online nih, thx ya Admin

http://www.tasfashionwanita.com

wisnu murti mengatakan...

jadi tertarik nih,, kalau buku non fiksi penerbitnya apa aja?

aas nursaadah mengatakan...

inspiratif..

aryanaarik mengatakan...

terimakasih infonya :)

L Yas Winchester mengatakan...

Keren coy!!!! Ini yang gue cari-cari selama ini!!! Terus posting artikel-artikel bermanfaat yo...

ruzdy takeda mengatakan...

makasih ya......

Anonim mengatakan...

mm...begitu to, thanks ya

Anonim mengatakan...

kenapa yang kirim lewat email jarang di terima? gimana kalo ada yg masih belum ngerti cara ngirim nya?

Rehayashi mengatakan...

Saya menulis light novel yang ceritanya fantasi dan aksi,
Kira-kira cocok dikirim ke penerbit mana?

Artika Putri Karunia mengatakan...

saya mau ngirim novel saya kira-kira dikirim ke penerbit mana ya ?

Ari Juliani mengatakan...

masukan kan nya keren juga dan sangat bermanfaat

pie okesya mengatakan...

makasihhh banyakk...

rika juliyana mengatakan...

Thanks ya infonya, manfaat bgt

Muhammad Dimas Trisandi mengatakan...

Mantap Juga Postingannya. Makasih, ya!

riki mazlan mengatakan...

thanks ya sob

Siti Musdalifa mengatakan...

Mau

Siti Musdalifa mengatakan...

Mau

Siti Musdalifa mengatakan...

Mau

Ami Su mengatakan...

Terima kasih infonya.. saya juga pendatang baru di dunia blog kunjungi juga blog saya ya eduallforind.blogspot.com... jangan lupa meninggalkan komentar sebagai input ya

Poskan Komentar

 
Copyright 2010 Dunia Imajinasi